IDE HEBAT : INDONESIAN CORNER




Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alamnya. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau. Terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil. Termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Di dalamnya ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km², Sumatera luasnya 473.606 km² dan Papua yang luasnya 421.981 km². Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia yaitu sekitar 60% penduduk Indonesia atau sekitar 130 juta jiwa tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
Indonesia yang mayoritas masyarakatnya bertani ini sangat menunjang pangan Indonesia jika dikelola dengan baik. Indonesia yang mempunyai lahan luas dan wilayah yang strtegis harusnya lebih mampu untuk mandiri.
Menyoroti permalasalahan petani yang sangat susah untuk menjual hasil panennya walaupun sudah ada bulog sebagai pengelola resmi lembaga pemerintahan untuk menghimpun beras-beras dari petani. Dirasa sangat dibutuhkan hal-hal yang lebiih dari bulog.
Ide hebat dari saya adalah adanya sebuah ruangan khusus atau tempat khusus untuk menjual berbagai hasil panen petani. Sebut saja namanya indonesian corner. Mengapa namanya indonesian corner? Karena saya berfikiran jika kita menggunakan bahasa asing dan bahasa yang menarik, maka akan meningkatkan daya beli masyarakat indonesia yang mayoritas masyarakatnya sanagt ikut-ikutan terhadap gaya hidup, terlebih lagi ini mengenai pangan yang setiap hari kita konsumsi dan tentunya kita membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi serta halal.
Indonesian Corner akan berada di setiap desa, untuk mengelola secara mandiri hasil panen pertanian dan kreasi produk yang tetap bahan pokoknya dari hasil pertanian dan akan di promosikan oleh anak-anak muda di wilayah tersebut yang sangat mengerti tentang ilmu teknologi dan kalangan-kalangan yang berpendidikan. Sekarang teknologi sangat maju, informasi sangat cepat tersebar luas ke penjuru negeri dan kita yang menciptakan kebiasaan agar orang lain tertarik dengan upload-upload foto makanan yang kita konsumsi.
Di Indonesian Corner kita akan mendesaign ruangannya senyaman mungkin, denagn penjaga yang ramah, kita selain menjual mentahnya hasil tani seperti sayur-sayuran, kita juga menjual makanan yang siap santap. Seperti sayur sop, capcay, dan aneka jajanan hasil panen petani seperti kolak pisang, kolak labuh dan lainnya.
Indonesian corner akan menjadi pengingat atau reminder bagi masyarakat indonesia agar mencintai buah lokal, mencintai sayur lokal yang sehat dan tanpa bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan konsumen.
Indonesian Corner akan menciptakan ide bisnis dan peluang usaha yang berpenghasilan sangat menguntungkan beberapa diantaranya seorang yang mempunyai ide bisnis terkait sayur-sayuran yang dapat dijadikan kue,mie sehat, makanan ringan dan lainnya dan mempunyai label produk indonesian corner dengan kemasan yang hebat, maka ini sangat berpotensi sekali produknya bisa sampai ke kancah internasional.
Kita juga bisa menciptakan rumah makan yang tradisional dengan aneka hasil panen pertanian dan peternakan lainnya.
Kita juga bisa menciptakan ide bisnis rekreasi untuk pengunjung dan anak-anak supaya mereka lebih mengenal pertanian dan pekerjaaan yang menjadi ujung tombak bangsa Indonesia ini.

Selain menciptakan peluang usaha, kita juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang mumpuni bagi seluruh masyarakat yang bersedia untuk mengembangkan bersama usaha ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKAN LEBIH MUDAH DENGAN BAKMI GM DELIVERY

HALAL DAN TOYYIB

NOVEMBERKAH